Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Kontak Perkasa | Gaji Bisa Naik Hingga 40 Persen Kalau Pindah ke Perusahaan TI

Gaji Bisa Naik Hingga 40 Persen Kalau Pindah ke Perusahaan TI 

Kontak Perkasa - Industri teknologi informasi, khususnya teknologi finansial, menjadi sektor yang paling banyak membutuhkan tenaga kerja di Indonesia.

Hal itu disampaikan dalam hasil survei gaji tahunan terbaru yang dirilis perusahaan spesialis rekrutmen Robert Walters Indonesia di Jakarta, Rabu(22/11).

Country Manager Robert Walters Indonesia Rob Bryson menyebutkan, peningkatan kebutuhan tenaga kerja terjadi di beberapa sektor, terutama sektor teknologi informasi, distribusi, dan logistik.

Sebagian besar perusahaan bahkan kesulitan untuk menemukan kandidat lokal dengan keterampilan teknis yang kuat, khususnya di bidang teknologi informasi, kemampuan dwibahasa, dan berpengalaman internasional. Hal ini menyebabkan kandidat akan sangat diminati.
Lihat juga: Tingkatkan Daya Saing, BI Dorong Perkembangan Fintech Syariah

Di sektor TI, permintaan akan kandidat teknologi yang kreatif serta data scienist dengan kemampuan mengolah big data dan kemampuan komunikasi yang efektif dengan pemangku kepentingan akan terus berlanjut.

"Kandidat yang baik dan terampil di sektor ini dapat melihat kenaikan sebesar 30-40 persen saat pindah ke perusahaan baru. Untuk peran spesialis dalam teknologi, (gaji) bisa meningkat hingga 50 persen pun dapat terjadi," jelasnya.
Lihat juga: Upah Minimum Buruh Bekasi dan Karawang Ditetapkan Rp3,9 Juta

Teknologi merupakan area pertumbuhan utama, baik di perusahaan tradisional maupun dinamis karena tren digitalisasi di perkirakan terus berlanjut. Pada 2018, dia memperkirakab terjadi peningkatan level ketidakseimbangan antara pasokan dan permintaan talenta.

Dalam kesempatan yang sama disebutkan, pertumbuhan depan di kawasan Asia tenggara diprediksi akan melonjak, dipicu prospek ekonomi yang kuat di kawasan tersebut, digitalisasi yang berkelanjutan, dan perluasan pasar yang stabil.