Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Kontak Perkasa | Studi: Cukup Coba Satu Rokok dapat Membuat Seseorang Kecanduan

Studi: Cukup Coba Satu Rokok dapat Membuat Seseorang Kecanduan


Kontak Perkasa - Menurut studi terbaru yang dipublikasi di jurnal Nicotine & Tobacco Research, hampir dua pertiga orang yang mencoba rokok akan menjadi perokok aktif. Rata-rata cukup perlu sekali mencoba rokok untuk membuat seseorang jadi kecanduan.

Hal ini diungkapkan peneliti setelah memeriksa data 215.000 orang dari empat negara selama tahun 2000-2016. Pemimpin studi Profesor Peter Hajek dari Queen Mary University menyebut ini adalah pertama kalinya studi melihat hubungan antara perilaku mencoba rokok dengan akhirnya menjadi perokok.

Baca juga : Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018

Spesifiknya sebanyak 68,9 persen orang yang pertama kali mencoba rokok akan terus menjadi perokok.

"Kami menemukan tingkat perubahan orang dari yang pertama kali mencoba rokok menjadi perokok secara mengejutkan cukup tinggi. Hal ini membantu konfirmasi pentingnya mencegah orang-orang untuk sejak pertama tidak mencoba rokok," kata Prof Peter seperti dikutip dari BBC, Rabu (10/1/2018).

Baca juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

Bila sudah menjadi perokok tentu saja sulit untuk bisa berhenti. Perlu usaha dan niat besar untuk bisa melawan pengaruh zat adiktif yang sudah terlanjur memengaruhi otak.

"Biasanya orang yang berhenti merokok akan merasakan yang tidak nyaman selama empat minggu. Karena nggak sanggup ya dia balik ngerokok lagi," kata dr Feni Fitriani Taufik, SpP(K), MPdKed, dari RSUP Persahabatan.

Baca juga : Bisnis Investasi Masih Menarik Tahun 2018