Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Kontak Perkasa | Wikipedia Tak Lagi Gratis di Negara Berkembang

Wikipedia Tak Lagi Gratis di Negara Berkembang

Kontak Perkasa - Wikimedia Foundation menghentikan program Wikipedia Zero yang memberikan layanan akses gratis ke situs ensiklopedia Wikipedia melalui perangkat mobile. Keputusan itu diambil setelah melalui evaluasi internal yang dilakukan Wikimedia Foundation.

Berakhirnya program Wikipedia Zero diumumkan melalui situs resmi Wikimedia. Adapun alasan dihentikannya program tersebut adalah kurangnya minat pengguna seluler mobile di luar kawasan Amerika Selatan dan Eropa.

"Setelah melalui evaluasi secara hati-hati, Wikimedia Foundation memutuskan untuk menghentikan jalinan kerja sama program Wikipedia Zero," ungkapnya dikutip detikINET dari halaman resminya, Senin (19/2/2018).

Baca juga : KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018

Program Wikipedia Zero dibentuk pada 2012 dengan tujuan untuk menyediakan akses secara gratis di negara-negara berkembang. Dalam pelaksanaanya, Wikimedia bekerjasama dengan 97 operator seluler di 72 negara berkembang guna menyediakan akses gratis kepada 800 juta orang di dunia.

Sejak 2016, Wikimedia menyadari turunnya angka partisipasi pengguna seluler dalam program Wikipedia Zero. Mereka menduga hal ini dikarenakan perubahan di industri mobile dan harga layanan data seluler.

Berdasarkan catatan Wikipedia, Indonesia termasuk dalam program Wikipedia Zero yang diadakan oleh operator seluler XL Axiata pada 2013 silam.

Meski program Wikipedia Zero dihentikan, Wikimedia memempersiapkan kerja sama dan proyek baru untuk meningkatkan tingkat ketertarikan masyarakat kepada Wikipedia lebih dari 30%.

Baca juga : 2018, Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka

"Di Nigeria kami bekerjasama dengan anggota komunitas Nigeria dan bintang Nollywood untuk memperkenalkan kepada lebh dari 15 juta orang di sana apa itu Wikipedia dan bagaimana itu bekerja," ungkapnya.