Kontak Perkasa | Tangkal Hacker Retas Printer

Apple Rangkul Foxconn Bangun R&D di Indonesia


Kontak Perkasa - Pemerintah kerap mengatakan Apple telah berkomitmen tinggi terhadap Indonesia yang ingin membangun pusat riset dan pengembangan di Tanah Air. Demi mewujudkannya, Apple dilaporkan merangkul mitra manufakturnya, Foxconn.

Diwartakan portal berita asal China, Economic Daily News, rencana agresif Apple merambah Asia Tenggara --salah satunya pembangunan R&D di Indonesia-- tak lepas dari kerjasamanya dengan Foxconn.

Foxconn sendiri yang berbasis di Taiwan adalah mitra perakit iPhone Apple. Perusahaan manufaktur ini pun pada November lalu mulai menunjukan presensinya meski 'hanya' dengan merilis ponsel Android besutannya bernama Luna.
Dari situs 9to5Mac, pihak Foxconn enggan memberi komentar lebih lanjut soal kabar kerjasamanya dengan Apple terkait pembangunan pusat riset dan pembangunan di Indonesia.

Pada akhir November lalu, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan bahwa perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak itu telah menerima sertifikasi atas pembangunan R&D dari Kementerian Perindustrian.

Di dalam kesepakatan tersebut diketahui Apple akan membangun R&D yang fokus menciptakan aplikasi dan software. Apple dikabarkan akan mulai membangun pusat R&D tahun depan.

Harapan Rudiantara sendiri adalah terciptanya transfer teknologi yang dapat beralih ke industri lokal dengan tujuan agar Indonesia tak hanya dianggap sebagai pekerja pabrik belaka seperti yang terjadi di pusat perakitan piranti keras.

Rudiantara tak lupa mendorong agar Apple membangun R&D di luar Jakarta agar lebih merangkul talent di luar Pulau Jawa.

Sementara kabar berseliweran mengenai Foxconn yang masih tak menentu salah satunya menyatakan bahwa perusahaan berpotensi melebarkan sayapnya ke Amerika Serikat dengan investasi yang diperkirakan mencapai US$7 miliar serta membuka 50 ribu lapangan pekerjaan.

Sebagaimana gaya Foxconn, perusahaan manufaktur ini lebih tertarik untuk bungkam menanggapi kabar yang beredar. cnnindonesia.com