Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Kontak Perkasa | Data Jadi Pendorong Perubahan Lanskap Bisnis di Indonesia

Data Jadi Pendorong Perubahan Lanskap Bisnis di Indonesia 

Kontak Perkasa - Era big data tak dipungkiri memengaruhi operasional perusahaan. Managing Director Dell EMC Indonesia, Catherine Lian mengungkapkan data menjadi salah satu faktor kunci eksistensi bisnis.

Menurutnya, data terbukti menjadi pendorong utama perubahan lanskap bisnis di Indonesia. Meski akan mengalami banyak perubahan, namun hal itu bisa memicu banyak peluang baru.

"Data memengaruhi proses bisnis di Indonesia untuk bisa beradaptasi lebih cepat, fleksibel, inovatif, berorientasi pada pengguna dan fokus pada pelanggan. Disamping melihat bagaimana teknologi berperan penting dalam mencapai kesuksesan," terang Catherine kepada awak media di Jakarta, Kamis (2/11).

Senada dengan Catherine, Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Ismail memaparkan potensi data yang bisa dimaksimalkan di Indonesia sebelum memasuki tahun 2030.

"Saat ini posisi GDP Indonesia masih di peringkat ke-16. Tapi nanti di 2030 bisa dilihat bahwa Indonesia diproyeksikan mengalami peningkatan daya beli menjadi nomor delapan di dunia," ungkapnya.