Kontak Perkasa | Gaji Bisa Naik Hingga 40 Persen Kalau Pindah ke Perusahaan TI

Kontak Perkasa | Ternyata, Bersepeda ke Kantor Sama Efektifnya dengan "Nge-gym" 5 Kali

Ternyata, Bersepeda ke Kantor Sama Efektifnya dengan "Nge-gym" 5 Kali

Kontak Perkasa - Bersepeda ke kantor ternyata setara dengan berlatih lima hari di tempat kebugaran atau gimnasium.

Dalam sebuah penelitian, partisipan menunjukan penurunan berat badan yang drastis setelah mulai bersepeda ke kantor selama enam bulan.

Menurut peneliti, jumlah penurunan berat badan bisa mencapai 4,2 kilogram, dan bagi yang tetap bersepeda di waktu luang, penurunan bisa sekitar 4,5 kilogram.

Profesor di Universitas Copenhagen, Bente Stallknecht, menegaskan bahwa hasil studi di atas merupakan kabar baik.

"Bagi yang mempunyai masalah berat badan, ini kabar bagus, karena di sela-sela kesibukannya bekerja dan mengurus keluarga, ada kesempatan untuk menurunkan berat badan. Kami sudah membuktikan bahwa sangat mungkin untuk mengkombinasikan moda transportasi ke tempat kerja dengan program pelatihan fisik," katanya.

Stallknecht menjelaskan bahwa penelitiannya diikuti 130 orang, dengan rata-rata umur sekitar 20-45 tahun, bertempat tinggal di Kota Copenhagen, dan memiliki BMI (Body Mass Index) 25-35kg/m2.

Para partisipan kemudian dibagi menjadi empat kelompok.

Kelompok pertama diminta untuk bersepeda baik berangkat atau pulang dari kantor, dengan jarak tempuh kira-kira 13 kilometer per hari.

Lalu, ada dua kelompok yang diberi tugas untuk berlatih fisik lima kali dalam seminggu selama 35 menit dan 55 menit. Kemudian, kelompok terakhir yang merupakan kelompok kontrol diminta untuk tidak melakukan apa-apa.

Pengamatan dilakukan selama kurang lebih enam bulan dan para peneliti menemukan bahwa selain kelompok terakhir, semua peserta mengalami penurunan berat badan.

Penurunan berat badan yang paling kecil terjadi di kelompok yang hanya berlatih fisik selama 35 menit, sekitar 2,6 kilogram, dan paling besar di kelompok dengan latihan fisik 55 menit, sekitar 4,5 kilogram.

Dari hasil penelitian tersebut, Jonas Salling Quist dari Departemen Biomedis Sains Copenhagen, menyimpulkan bahwa bersepeda ke kantor sama efektifnya dengan program pengurangan berat badan di waktu senggang.

Sementara itu, menurut Pieter Cohen, ahli kesehatan di Harvard Medical School, program penurunan berat badan akan percuma apabila tidak disertai komitmen dan perubahan gaya hidup.

"Jika ada komitmen dengan jangka waktu yang lama untuk merubah gaya hidup dan mengatur pola makan, mungkin dalam lima tahun berat badan anda akan berkurang 4,5 kilogram," katanya seperti dikutip oleh Live Science.