Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Kontak Perkasa | Transaksi di Tokopedia Capai Triliunan Rupiah Tiap Bulan

Transaksi di Tokopedia Capai Triliunan Rupiah Tiap Bulan 

Kontak Perkasa - Tokopedia merupakan salah satu e-commerce terdepan dengan statusnya sebagai unicorn di Indonesia. Perusahaan yang dipimpin oleh William Tanuwijaya itu menjadi salah satu contoh sukses startup yang berhasil merangkak dari bawah.

Delapan tahun berkiprah, Tokopedia telah mengumpulkan pendanaan mencapai US$1,3 miliar dari berbagai macam investor, mulai dari East Ventures, SoftBank, hingga yang terbaru dan terbesar dari Alibaba. Selama delapan tahun itu pula, Tokopedia berhasil membuat dirinya sebagai perusahaan e-commerce yang diperhitungkan.

Di ajang Google Cloud Summit 2017 di Jakarta, COO Tokopedia Leontinus Alpha Edison sempat menunjukkan sejumlah angka yang mewakili kinerja perusahaannya dan diklaim jarang dilakukannya.

Salah satu yang paling penting diketahui dari presentasi Leontinus itu adalah angka transaksi Tokopedia yang kini mencapai satuan triliun rupiah setiap bulan.

Selain itu, setiap bulannya laman Tokopedia dilihat lebih dari 2 miliar kali, menjadikannya sebagai salah satu situs yang paling sering dikunjungi di Indonesia. Sebanyak 80 persen di antaranya berasal dari aplikasi mobile.

Berdasarkan riset AppAnnie pada 2016, aplikasi Tokopedia adalah yang paling banyak digunakan ketimbang aplikasi marketplace serupa dirinya di Indonesia.

Tokopedia juga menyebut dirinya sudah "membangkitkan" jiwa wiraswasta di lebih dari dua juta penduduk Indonesia, yang sebelumnya tak pernah menjajal bisnis sendiri.

Sementara untuk urusan sumber daya manusia, Leontinus mengisahkan sekitar 70.000 lamaran mereka terima setiap kuartal, 2.000 di antaranya masuk ke tahap wawancara, dan menyusut jadi 150 orang yang mereka terima.