Kontak Perkasa | Peluru Nyasar ke Dewan Berujung Rencana Pemindahan Arena Tembak

Kontak Perkasa | Monitor Super Lebar 32:9 Jadi Standar Baru untuk Main Game

Monitor Super Lebar 32:9 Jadi Standar Baru untuk Main Game

Kontak Perkasa - Samsung baru saja merilis monitor gaming terbarunya, yakni QLED Gaming Monitor CHG90. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini pun mengklaim produknya sebagai monitor gaming pertama dengan rasio 32:9.

Bukan tanpa alasan jika Samsung kemudian tiba-tiba merilis monitor gaming dengan rasio 32:9. Memang jika dilihat secara seksama, monitor gaming dengan ukuran 49 inch (3840 x 1080 pixels) menawarkan sesuatu yang berbeda dari monitor pada umumnya.

Namun, menurut Head of Monitor Business PT Samsung Electronics Indonesia Albert Susilo, hadirnya monitor CHG90 ini karena Samsung melihat layar seperti ini menjadi standar indutri yang baru. Selain itu, tentu saja karena ada permintaan di sana.

Baca juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

"Jadi kalau rasio 32:9 ini menjadi standar industri yang baru untuk sebuah layar. Dengan ini kita punya akses layar yang lebih luas. Dengan ini gamer bisa memiliki pandangan yang lebih luas," ujar Albert di Haris Suite, FX Sudirman, Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Saking luasnya, bila diuji bermain game first-person shoot (FPS), bahkan gamer bisa melihat musuh lebih dulu ketimbang menggunakan layar yang biasa. Selain enak dipakai bermain game FPS, layar ini juga bisa dipakai bermain game RPG atau MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) lebih nyaman.

Albert pun mengatakan jika tren ini sudah ada sejak akhir tahun lalu. Game yang mendukung rasio 32:9 pun sudah beredar banyak game, seperti misalnya Mass Effect: Andromeda, For Honor, Tom Clancy's The Division, Diablo 3, League of Legend, dan masih banyak lagi.

Baca juga : Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018

"Selain bisa dipakai bermain game, monitor ini juga bisa dipakai untuk profesional dan pekerjaan multitasking. Di Samsung ada yang disebut easy setting box. Ini bisa membagi layar hingga enam layar," tambahnya.

Dibanderol harga Rp 20 juta, monitor ini memiliki beragam fitur unggulan, seperti respon time 1 ms, refresh rate 144 Hz, kelengkungan 1.8000R, dan sudut pandang 178 derajat.