Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Kontak Perkasa | Instalasi Bambu Asian Games Proyek Anies akan Diresmikan Sore Ini

Instalasi Bambu Asian Games Proyek Anies akan Diresmikan Sore Ini

Kontak Perkasa - Menyambut perhelatan akbar Asian Games 2018, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggaet seniman Joko Avianto untuk mempercantik Jakarta. Terletak di tengah kota lebih tepatnya kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), terpajang karya seni instalasi bambu yang bernama 'Getah Getih'.

Karya yang membutuhkan 1600 batang bambu dan pengerjaan selama satu minggu itu rencananya bakal diresmikan sore ini. Dari agenda yang beredar, peresmian bakal berlangsung sore ini pukul 16.30 WIB di Bundaran HI, Jakarta Pusat.

Peresmian karya instalasi Joko Avianto itu digarap dalam rangka Asian Games 2018 dan HUT Ke-73 Republik Indonesia. Gubernur DKI Anies Baswedan sendiri rencananya yang bakal meresmikan.

Instalasi bambu 'Getah Getih' berukuran 5,50 meter dan setinggi 4,5 meter itu juga terdapat 73 tiang yang dipakai untuk menopang bambu-bambu yang terbentuk seperti tentara Majapahit mengibarkan bendera Merah Putih.

Baca juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

Sebagai seniman, karya Joko pertama kali dipamerkan pada tahun 1999 dalam Fetishism di Scuplture Studio ITB, Bandung dan Creative Experiment di Soemardja Gallery, Bandung. Joko mulai sering mengikuti pameran bersama di Indonesia. Namanya mulai dikenal luas setelah karya instalasinya dipamerkan di Frakfurt Book Fair 2015.

Sebelumnya karya Joko Avianto dipublikasikan Gubernur Anies lewat akun media sosialnya kemarin.

"Bambu ini membentuk pesona seni yg menggerakkan. Membahanakan pesan dahsyat tentang bangsa kita. Pesan tentang kokoh tapi lentur, tegak tapi liat, kecil tapi raksasa, ribuan tapi menyatu, satuan tapi tak terserak. Itulah kita, bangsa Indonesia tercinta: 262 juta anak bangsa, 400-an suku bangsa, dan bercakap dalam 700-an bahasa. Sebuah bangsa yang dahsyat!. Di sini, dari gagasan, ribuan bambu ini membentuk sebuah kesatuan dan persatuan. Dari gagasan, jutaan anak bangsa ini membentuk kesatuan dan persatuan," tulis Anies.