Kontak Perkasa | Tangkal Hacker Retas Printer

Kontak Perkasa | Agar Insiden Kakak Syahrini Tak Terulang, Ini Cara Cuci Kendaraaan

Agar Insiden Kakak Syahrini Tak Terulang, Ini Cara Cuci Kendaraaan

Kontak Perkasa - Musibah tersengat listrik yang dialami kakak kandung Syahrini, Ridwan Zaelani saat mencuci kendaraan mungkin saja dialami oleh orang lain. Ridwan yang kala itu sedang mencuci truk tronton tidak menyadari kalau bak truk mengenai kabel listrik.

Ridwan yang menyiram air ke truk terkena sengatan arus dan langsung meninggal di tempat. Kejadian semacam ini bisa saja dihindari asalkan kita lebih waspada sebelum mencuci mobil di tempat terbuka.

Saat mencuci mobil dan mengelap mobil ada baiknya mematikan seluruh mesin kendaraan untuk menghindari arus listrik yang lewat. Tak jarang kita melihat sembari mengelap mobilnya usai dicuci, sang pemilik justru menyalakan mesin untuk memanaskannya.

"Sebaiknya semua tetap dalam keadaan off, baik saat mencuci (basah) maupun saat dilap. Potensi arus listrik yang bermasalah biasanya sudah terdeteksi lebih awal," kata Instruktur Safety Driving Rifat Drive Labs Andry Berlianto saat dihubungi detikOto, Rabu (26/9/2018).

Baca juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

"Kalau untuk kejadian kakak Syahrini kemungkinan hantaran listrik datang dari luar kendaraan dan harus melalui investigasi mendalam jadi saya tidak bisa mengeluarkan asumsi," sambungnya.

Nah buat Otolovers yang hendak mencuci mobil sendiri, pastikan tempat mencuci mobil bersih serta aman dari kabel terbuka ya. Tak ada salahnya mengecek lingkungan sekitar sebelum mencuci mobil. Jangan lupa juga untuk mematikan mesin mobil, demi menghindari potensi tersengat aliran listrik.