Kontak Perkasa | Peluru Nyasar ke Dewan Berujung Rencana Pemindahan Arena Tembak

Kontak Perkasa | Cara Aman Menyeberangi Rel Kereta Api Agar Motor Tidak Tergelincir

Cara Aman Menyeberangi Rel Kereta Api Agar Motor Tidak Tergelincir

Kontak Perkasa - Rel kereta api yang terbuat dari besi kerap kali membuat pengendara motor tergelincir ketika ingin menyeberanginya. Ini seringkali dialami bikers yang ingin menyeberangi perlintasan rel kereta api yang berada dalam posisi sejajar.

Lalu bagaimana cara menyeberangi rel kereta api yang aman? Dijelaskan Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana Honda, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengurangi kecepatan motor sesaat sebelum melintasi rel.

"Terlebih dahulu, kurangi kecepatan motor dan biasakan waspada terhadap kereta yang akan lewat, paling penting lagi, jangan menerobos palang kereta yang sudah tertutup" ujar Agus, kepada detikOto. Untuk jarak amannya, kurangi kecepatan motor, 50 meter sebelum sampai di jalur rel.

Baca juga : Tahun 2018, Bisnis Investasi Dinilai Tetap Menarik

Jika posisinya tidak sejajar, maka menyeberanglah dengan pelan-pelan. Namun jika posisi motor sejajar dengan rel, maka harus membuat sudut putar dahulu sekitar 70-90 derajat. Pemotor tidak disarankan menyeberangi rel kereta api dengan posisi ban miring.

"Jangan melewati rel kereta dengan kondisi ban miring, karena ban motor bisa selip dan tergelincir," wanti Agus. Tapi jika sudah terlanjur jatuh di tengah-tengah rel, maka bikers tidak perlu panik.

"Dirikan motor kembali dengan perlahan. Jika mesin mati, nyalakan terlebih dahulu. Atau jika ingin lebih aman, dorong dahulu motor sampai menyeberangi rel kereta api, baru mesin dinyalakan kembali," pungkas Agus.