Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Terpanjang di Dunia, Long Span LRT Gatsu-Kuningan Akhirnya Nyambung

Terpanjang di Dunia, Long Span LRT Gatsu-Kuningan Akhirnya Nyambung

PT Kontak Perkasa Futures - Empat menteri meresmikan pengecoran terakhir jembatan lengkung bentang panjang Kuningan pada proyek LRT Jabodebek. Peresmian dilakukan di persimpangan Jalan HR Rasuna Said Kuningan dan Jalan Gatot Subroto (Gatsu) Jakarta Selatan, pagi ini, Senin (11/11/2019).

Empat menteri itu yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Dalam sambutannya, Luhut mengatakan, proyek LRT Jabodebek akan menjadi kebanggaan Indonesia.

"Kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia," katanya di lokasi proyek.

Menurut Luhut, proyek ini merupakan salah proyek yang menantang. Terlebih, pembebasan lahan bukan hal yang mudah.

"Bebaskan tanah mungkin bapak ibu setengah matinya di sini," jelasnya.

Baca Juga : Menengok prospek bisnis investasi di tahun politik

Sementara, Budi Karya menjelaskan, proyek ini merupakan salah satu proyek yang rumit baik dari struktur hingga pembiayaannya.

"Pak Basuki, Pak Erick saya memang melihat memang Adhi sangat gigih melakukan project ini, dan menjadi project yang menjadi contoh dari struktur, kesulitan dan financing. Kita jadikan skema KPBU tapi dikerjakan Adhi Karya dan KAI," kata Budi.

Adapun jenis jembatan yang diresmikan ialah tipe box girder beton dengan radius lengkung 115 meter. Kemudian, panjang bentang utama 148 meter dan beban pondasi pengujian 4.400 ton.

Baca Juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

Untuk diketahui progres LRT Jabodebek per 1 November 2019 mencapai 67,3%. Adapun rinciannya, Cawang-Cibubur 86,2%, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas 58,3% dan Cawang-Bekasi Timur 60,5%.

"Progree 67, 3%, lintas Cawang-Cibubur 86,2% di sana dilakukan dinamic test kereta sudah wira-wiri," kata Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto.

Longspan atau bentangan beton panjang yang ada di lintasan Kuningan LRT Jabodebek sendiri menjadi salah satu struktur jembatan kereta api lengkung dengan struktur beton terpanjang di dunia. Panjangnya mencapai 148 meter.