Dipotret dengan Ultraviolet, Mars Tampak seperti Bola Kelereng | PT Kontak Perkasa Futures


Kontak Perkasa. Space probe (pesawat luar angkasa) milik NASA, MAVEN (Mars Atmosphere and Volatile Evolution Mission) baru saja mengunggah gambar Mars terbaru yang diambil dengan menggunakan sinar ultraviolet.

Hasilnya cukup mengagumkan. Sang Planet Merah tampil berbeda dari gambar-gambar yang sebelumnya sempat diedarkan NASA. Mars tampak cantik, berbalut cahaya neon berwarna kuning dan keunguan seperti bola kelereng.

Seperti dilansir laman Mirror pada Rabu (26/10/2016), MAVEN memang membidik Mars dengan teknologi filter ultraviolet.

Filter tersebut diklaim belum pernah digunakan sama sekali dalam hal dokumentasi untuk planet terdekat dengan Bumi ini.

Para ilmuwan di Badan Antariksa Amerika Serikat itu mengungkapkan, gambar ultraviolet yang diambil memberikan perspektif baru terkait sistem atmosfer Mars, termasuk pola arah angin dan awan yang menyelimuti planet tersebut.

NASA bahkan telah mengumpulkan beberapa gambar ultraviolet yang diambil MAVEN demi mempelajari gerak dan karakteristik awan Mars. Setelah dikulik, mereka menduga awan-awan tersebut terbentuk dari permukaan vulkanik Planet Merah.


Awan-awan ini, jika dilihat lebih dekat, tampak lebih terang dari warna kuning yang ada di permukaan.

Warna kuning keemasan ini disebut dengan istilah "Nightglow", yang mana sebetulnya merupakan formasi dari emisi oksida nitrat yang ada di dalam atmosfer, dan membuatnya bercahaya pada malam hari.


NASA memang memiliki tujuan khusus dalam pengambilan gambar Mars dengan filter ultraviolet. Mempelajari atmosfer salah satunya, di mana merupakan persyaratan wajib bagi NASA sebelum akhirnya mereka mengirim para astronot ke planet tersebut.

Sumber Liputan6.com