Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Pecahan Rupiah Bergambar Pahlawan Papua Segera Beredar | Kontak Perkasa Futures


Kontak Perkasa - Uang pecahan rupiah bergambar pahlawan nasional asal Papua Frans Kaisiepo akan segera beredar, kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Erwin Riyanto di Manokwari, Sabtu (19/11).

Ia mengatakan Presiden Joko Widodo sudah memutuskan beberapa pahlawan nasional sebagai logo pada beberapa uang pecahan rupiah yang baru. Salah satunya adalah Frans Kaisiepo, pahlawan nasional dari Papua.

 Gambar Frans Kaisiepo, kata dia, dicetak pada uang pecahan Rp10 ribu. Saat ini sudah dalam proses percetakan di Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).

"Kita akan produksi dalam jumlah yang cukup. Jika sudah siap, dalam waktu yang tidak lama akan diluncurkan dan diedarkan," kata Erwin.

Dia menjelaskan penetapan gambar pahlawan pada mata uang dilakukan melalui proses seleksi yang cukup panjang, termasuk Frans Kaisiepo.

Sebelum presiden memutuskan, penetapan mata uang bergambar pahlawan Papua ini sudah melalui persetujuan dari pihak keluarga.

Erwin menambahkan, menyusul penerbitan uang baru tersebut, tidak serta merta BI menghentikan pemberlakuan uang lama yang digantikan. Keduanya beredar secara berdampingan dan akan ditarik secara bertahap.

Ia mengatakan penetapan pahlawan nasional yang lain akan dilakukan melalui proses serta seleksi yang sama, termasuk pahlawan nasional asal Papua lainya.

"Untuk saat ini belum ada usulan lagi, semua pahlawan nasional diharapkan bisa diakomodir dalam mata uang. Karena ini sebagai bentuk penghargaan, sekaligus edukasi biar masyarakat mengenal pahlawan.”

Sumber : CnnIndonesia.com