Kontak Perkasa | 70% Wilayahnya Lautan, Kok Indonesia Masih Impor Ikan?

Malaysia-Singapura akan Terhubung Kereta Cepat 300 Km per Jam

Kontak Perkasa - Malaysia dan Singapura sepakat untuk membangun kereta cepat alias high speed railways (HSR) untuk menghubungkan kedua negara. Adanya kereta cepat itu, waktu perjalanan bisa dipangkas hingga 90 menit.

Dilansir dari Asiaone, Rabu (14/12/2016), kereta cepat itu ditargetkan akan beroperasi pada 2026 dan akan memangkas perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Singapura menjadi 90 menit. Kereta ini bisa mencapai kecepatan maksimal hingga 300 km per jam.

Jalur kereta akan membentang 350 km, 335 km jalur akan dibangun di Malaysia dari Bandar Malaysia di 

Kuala Lumpur dan 15 km di Singapura yang berakhir di Jurong East. Akan ada 6 stasiun pemberhentian yaitu di Putrajaya, Seremban, Ayer Keroh, Muar, Batu Pahat dan Iskandar Puteri.

Proyek ini akan dioperasikan oleh MyHSR COrp Sdn Bhd yang sudah menjadi perusahaan sepenuhnya milik Kementerian Keuangan Malaysia.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Landmark Bilateral Agreement yang disaksikan oleh Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

Penandatanganan dilakukan oleh Menteri di Departemen Perdana Menteri Malaysia, Datuk Abdul Rahman Dahlan dan Menteri Transportasi Singapura Khaw Boon Wan. Ini merupakan tindaklanjut dari MoU yang dilakukan kedua belah pihak pada 19 Juli lalu. liputan6.com