Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

PT Kontak Perkasa Futures | Alibaba suntik US$ 1,1 miliar ke Tokopedia

Alibaba suntik US$ 1,1 miliar ke Tokopedia

  

Akhirnya, Alibaba Group Holding menjadi penguasa pasar e-commerce di Indonesia. Konglomerasi bisnis milik miliarder Jack Ma tersebut membeli saham salah satu pemain e-commerce terbesar di Tanah Air yakni Tokopedia.

Kontak perkasa - Sebelumnya, Alibaba juga sudah menguasai sebagian besar saham Lazada Group SA dengan menyuntikkan dana US$ 1 miliar ke Lazada. Situs belanja ini juga menjadi salah satu  yang terbesar di Indonesia.

Sedangkan di Tokopedia, Alibaba mengucurkan dana US$ 1,1 miliar. "Investasi ini akan menjadikan Alibaba Group sebagai pemegang saham minoritas di Tokopedia," ungkap William Tanuwijaya, Chief Executive Officer dan Co-Founder Tokopedia, Kamis (17/8) malam.

Menurut William, Tokopedia akan memakai dana tersebut untuk membuat pusat riset pengembangan e-commerce yang diklaim bakal menjadi yang terbesar di Asia Tenggara. Dengan adanya kucuran dana tersebut, ia berharap Tokopedia bisa kian menarik bagi orang muda Indonesia yang mau bergabung di situs belanja tersebut.

Kehadiran Alibaba ini juga bakal mengoptimalkan aksi Tokopedia untuk menjangkau hingga pelosok Tanah Air, tidak cuma di kota besar. Dengan demikian, para mitra Tokopedia, terutama dari daerah pelosok, tidak perlu datang ke kota besar untuk memperbesar usahanya.

"Alibaba Group dan Tokopedia memiliki kesamaan misi dalam membantu UMKM dalam kesuksesan usahanya. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Tokopedia untuk melayani seluruh masyarakat Indonesia," jelas Daniel Zhang, CEO Alibaba Group.