Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Kontak Perkasa | CEO Google Beri Tips Agar Presentasi Tak Membosankan

CEO Google Beri Tips Agar Presentasi Tak Membosankan

Kontak Perkasa - Presentasi tak harus menjadi bagian dari rapat yang bikin mengantuk. Saat menyampaikan ide-ide kepada bos atau klien, Anda bisa membuatnya tidak membosankan namun justru menyita perhatian bahkan menginspirasi. Tapi jangan andalkan poin-poin atau slide penuh dengan tulisan. Hal tersebut juga selalu dihindari CEO Google Sundar Pichai saat melakukan presentasi di depan orang banyak.

Belum lama ini Sunder menampilkan presentasinya mengenai AI-first (kecerdasan bulatan) yang merupakan kelanjutan dari mobile-first. Saat itu, banyak orang dibuat kagum dengan pembicaraannya. Kunci dari presentasi tersebut bukanlah layout menarik atau tulisannya yang rapi. Menurutnya, cara menyampaikan storytelling-lah yang membuat orang menyimak kemudian menerima pesan dengan lebih baik. Tapi jangan hanya bercerita namun minta juga bantuan dari gambar.

"Karena cerita lebih baik diungkapkan dengan gambar-gambar, bullet points dan slide bertulisan banyak semakin dihindari di Google," ungkap Sunder diansir Inc.

Dengan kata lain, jika Anda ingin membuat presentasi yang tidak membosankan dan maknanya mudah ditangkap, ceritakanlah dengan gambar. Kemudian hindari membuat poin berisi kata-kata dan banyak tulisan.

Ketika presentasi, Sunder pun punya ciri khas tersendiri. Jika biasanya orang-orang akan mengisi lembar putih dengan banyak tulisan, angka atau warna, tidak untuk CEO India-Amerika tersebut. Pria 45 tahun itu justru banyak menyajikan lembar putih dengan beberapa beberapa kata kunci dan gambar. Bahkan terkadang keseluruhan slide PowerPoint Sunder hanya berisi 12 halaman dengan 40 kata.