Kontak Perkasa | Pakai GPN, Data Nasabah Tidak 'Jalan-jalan' Lagi ke Luar Negeri

Kontak Perkasa | Ingat, Mulai Hari Ini Berlaku 3 Aturan Baru di Tol Jakarta-Cikampek

Ingat, Mulai Hari Ini Berlaku 3 Aturan Baru di Tol Jakarta-Cikampek


Kontak Perkasa - Terhitung per hari ini, tiga kebijakan baru untuk mengatasi kemacetan di Ruas Tol Jakarta-Cikampek mulai diberlakukan. Apa saja tiga kebijakan yang dimaksud?

Pertama, pengaturan jam operasional angkutan barang (golongan III, IV dan V) pada ruas Tol Jakarta-Cikampek. Berlaku Senin hingga Jumat mulai pukul 06.00 - 09.00 WIB, kecuali pada hari libur nasional.

Kedua, pengaturan kendaraan pribadi melalui skema ganjil-genap pada akses Gerbang Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur arah Jakarta. Berlaku Senin hingga Jumat mulai pukul 06.00 - 09.00 WIB, kecuali pada hari libur nasional.

Baca juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

Ketiga, pemberlakuan lajur khusus bus di Tol Jakarta-Cikampek ruas Bekasi Timur - Jakarta dan pengoperasian Bus Transjabodetabek Premium setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 06.00 - 09.00 WIB, kecuali pada hari libur nasional.

Proses penyusunan dan implementasi kebijakan ini melibatkan lintas sektor mulai dari Korlantas Polri, PT Jasa Marga (Persero), Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Kementerian PUPR dan Pemerintah Kota Bekasi. Koordinasi dilakukan oleh Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman.

Ada sejumlah faktor yang menyebabkan kemacetan di Ruas Tol Jakarta-Cikampek. Pertama karena jumlah kendaraan yang terus meningkat. Kedua karena adanya proses pembangunan proyek infrastruktur di sekitar ruas tol, meliputi proyek LRT, Jalan Tol Jakarta- Cikampek elevated, dan Kereta Api Cepat Jakarta - Bandung.

Baca juga : Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018

Dengan implementasi 3 kebijakan tersebut diharapkan perbandingan volume kendaraan dan kapasitas jalan alias V/C ratio akan menurun menjadi 0,89. Artinya kecepatan rata-rata kendaraan akan meningkat menjadi hingga 45 km/jam serta waktu tempuh lebih cepat menjadi 83 menit.