Kontak Perkasa | Jalur Puncak Ditutup Sepanjang 4 Kilometer Akibat Longsor

Jalur Puncak Ditutup Sepanjang 4 Kilometer Akibat Longsor.

Kontak Perkasa - Tanah longsor terjadi di jalur Puncak Pass atau tepatnya di Kampung Puncak RT03/01, Desa Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, pada Rabu (28/3/2018) sekitar pukul 20.45 WIB tadi malam. Akibatnya, jalur puncak ditutup sementara bagi pengendara roda empat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Dicky Saromi mengatakan, Rabu kemarin hujan dengan intensitas tinggi terjadi di wilayah Cianjur. Meski belum diketahui penyebab pasti longsor tersebut, namun beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana itu.

"Dampak kerusakan satu unit bangunan mes Kodam, dan jalan Nasional- Bogor tertutup," kata Dicky melalui pesan singkatnya, Kamis (29/3/2018).

Baca juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

Dihubungi terpisah, Kapolres Cianjur AKBP Soliyah membenarkan adanya peristiwa longsor yang mengakibatkan penutupan jalur puncak tersebut. Menurutnya, di lokasi longsor tersebut sebelumnya ada pelaksanaan renovasi dan bangunan yang sudah dibuat berupa bronjong, namun akhirnya terjadi longsor.

" Longsor sampai dengan kedalaman kurang lebih 40 meter dengan panjang 120 meter," kata Soliyah.

Demi keselamatan dan keamanan pengguna jalan, sementara jalur yang terdampak longsor ditutup.

 " Jalur puncak ditutup untuk kendaraan roda empat besar maupun kecil, yang diperbolehkan hanya roda dua," jelasnya.

Dijelaskan Soliyah, pengalihan dilakukan dari Cianjur, yakni dari Persimpangan Hypermart, sedang dari Bogor penutupan dilakukan di Riung Gunung.

"Saat ini penutupan di Pos Jabar 9 Ciloto, titik akhirnya di RM Bumi Akik. Masyarakat masih bisa berkunjung sampai dengan RM Bumi Akik, setelah itu ditutup ke arah Bogornya. Jarak penutupan sendiri kurang lebih 4 km," katanya.

Sementara itu, Kasubid Penmas Bid Humas Polda Jabar, AKBP Sri Damar Alam menjelaskan, anggota Unit PJR Jabar 9 Puncak berkolaborasi dengan jajaran Polres Cianjur menutup jalur dan mengalihkan arus kendaraan yang datang dari arah Cianjur untuk putar balik ke arah Kota Cianjur.

"Selanjutnya kendaraan diarahkan via Jalur Cianjur-Sukabumi Ciawi-Jakarta via tol Jagorawi, kecuali penduduk setempat sebelum TKP longsor yang dapat melintas," ujarnya.

Baca juga : Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018

Sedangkan anggota Unit PJR Jabar 10 Ciawi berkolaborasi dengan Jajaran Polres Bogor menutup jalur dan mengalihkan arus kendaraan yang datang dari arah Jakarta menuju Bandung via Ciawi-Puncak,

"Rutenya dialihkan via jalur Ciawi-Sukabumi-Bandung via Cianjur, kecuali penduduk setempat yang domisilinya sebelum TKP longsor," katanya.

Untuk Anggota Unit PJR Jabar 8 Cianjur, lanjutnya, berkolaborasi dengan Jajaran Polres Cianjur mengalihkan kendaraan yang datang dari Bandung menuju Jakarta via Jonggol.