Kontak Perkasa | Peluru Nyasar ke Dewan Berujung Rencana Pemindahan Arena Tembak

Kontak Perkasa | AC Terkoneksi Internet, LG Jamin Data Pengguna Aman

AC Terkoneksi Internet, LG Jamin Data Pengguna Aman

Kontak Perkasa - Suatu perangkat rentan disusupi peretas ketika terkoneksi internet tanpa dibekali benteng keamanan yang handal. Lantas bagaimana perangkat pendingin ruangan (AC) pintar besutan LG?

Seperti diketahui vendor asal Korea Selatan itu baru saja merilis jajaran AC pintar di Indonesia. Perangkat tersebut dibekali teknologi bernama SmartThinQ yang membuatnya bisa terhubung dengan internet, sehingga dapat dioperasikan lewat ponsel dari mana saja.

Sadar bahwa apapun yang terkoneksi dengan internet rentan diretas, LG rupanya telah pula membekali teknologi SmartThinQ dengan sistem keamanan yang diklaim mumpuni. Sehingga data pengguna dijamin aman dan tak akan bisa diketahui bahkan dihack oleh siapapun.

Baca juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

"LG memiliki sistem keaman IT yang sangat tinggi jadi jamin akan keamanan data pengguna," kata Charles Jung, RND Manager LG Korea Selatan saat acara peluncuran yang berlangsung di Jakarta.

Dijelaskannya, meski ponsel yang digunakan untuk terhubung dengan perangkat SmartThinQ tetap ada prosedurnya. Karena ketika pengguna ingin menghubungkan ponsel dengan perangkat AC, jarak keduanya harus saling berdekatan. Dan dibutuhkan remote untuk ponsel terkoneksi dengan AC.

"Tidak mungkin orang luar (yang tidak satu atap rumah) bisa menghubungkan koneksi dengan si AC tidak bisa tembus, kecuali diijinkan. Karena jika mau konek sama ac itu harus di-pair terlebih dahulu dan jaraknya harus berdekatan," terang Jun.

Sebelumnya diberitakan LG Indonesia memboyong 11 seri AC baru di Indonesia. Lima diantaranya dibuat pintar dengan teknologi SmartThinQ. Pengguna dapat menghidupmatikan, mengatur suhu hingga mengaktifkan fitur di AC dari jarak jauh lewat ponsel.

Untuk melakukan itu, pengguna harus menginstal aplikasi SmartThinQ dengan mengunduhnya terlebih dulu di Play Store atau App Store.

Baca juga : Menengok prospek bisnis investasi di tahun politik

"Meski AC-nya berada di rumah di Indonesia. Lalu saya pergi ke Korea Selatan, atau bahkan ke Brasil sekalipun, saya bisa mengendalikan AC di rumah lewat ponsel asalkan terhubung dengan internet," pungkas Jung.