Kontak Perkasa | 70% Wilayahnya Lautan, Kok Indonesia Masih Impor Ikan?

Kontak Perkasa | Fitur Ini Kembalikan Foto dan Video WhatsApp yang Terhapus

Fitur Ini Kembalikan Foto dan Video WhatsApp yang Terhapus

Kontak Perkasa - WhatsApp menghadirkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunduh foto, video, dan GIF yang telah dihapus. Sebelumnya, hal ini tak berlaku karena sistem WhatsApp langsung menghapus file media dari server-nya pasca diunduh pertama kali oleh pengguna.

Ketika pengguna menghapus file media dari WhatsApp dalam folder khusus di galeri smartphone, WhatsApp tak menyediakan cadangannya jika ingin diunduh untuk kedua kalinya.

Padahal, ada kalanya pengguna tak pikir panjang sebelum menghapus file media dari galeri smartphone. Apalagi, pengguna yang memberlakukan "auto-download" pada WhatsApp kadang tak sadar telah mengunduh file tertentu dan tak sengaja pula menghapusnya dari galeri.

Baca juga : KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018

Fitur teranyar ini mengindikasikan WhatsApp memiliki mekanisme penyimpanan file baru. Layanan bernuansa hijau itu akan tetap menyimpan file media di server-nya, bahkan pascadiunduh pertama kali oleh pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (23/4/2018), dari Gadgets360

Pengguna bisa menemukan fitur ini pada WhatsApp beta versi 2.18.113 ke atas. Jika Anda adalah beta tester, fitur ini sudah mulai bisa dinikmati.

Cara memanfaatkannya mudah, pengguna cukup menekan ikon unduh pada file media yang tertera pada obrolan WhatsApp dengan teman. Jika biasanya akan ada peringatan bertuliskan "file media tak tersedia", maka kini tak akan ada lagi tulisan semacam itu.

Baca juga : Ini Investasi yang menarik di Tahun Politik

Untuk menghindari kecurigaan akan pelanggaran privasi data pengguna, WhatsApp menegaskan kembali bahwa semua file yang dibagi via platform-nya diamankan dengan enkripsi end-to-end.
Tak ada yang bisa membaca pesan atau mendengar panggilan pengguna, selain pengguna itu sendiri. Bahkan, WhatsApp sendiri mengklaim pihaknya tak bisa tahu alur komunikasi pengguna.