Kontak Perkasa | Gmail Resmi Dirombak, Ini Deretan Fitur Barunya

Kontak Perkasa | Gmail Bakal Punya Fitur Jaga Rahasia?

Gmail Bakal Punya Fitur Jaga Rahasia?

Kontak Perkasa - Ajang kumpul developer “ Google I/O” 2018 bakal digelar pada Mei mendatang. Salah satu layanan Google yang dipastikan bakal mendapat pembaruan adalah Gmail.
Layanan e-mail tersebut digadang-gadang akan tampil dengan desain baru dan fitur-fitur mutakhir, salah satunya “Confidential Mode”. Setidaknya begitu menurut sumber dalam yang familiar dengan hal ini, diperkuat bukti screenshot yang tersebar.

Dengan Confidential Mode pada Gmail, pengguna tak bisa meneruskan (forward), menyalin (copy), mengunduh (download), atau mencetak (print), e-mail-e-mail tertentu. Ada juga batasan waktu hingga e-mail tersebut kadaluwarsa dan tak bisa lagi diakses.

Baca juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

Pengguna juga diminta memasukkan passcode tertentu untuk membuka e-mail dalam Confidential Mode. Tujuan fitur ini adalah menjaga kerahasiaan informasi yang dipertukarkan via e-mail, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (15/4/2018), dari TheVerge.

Fitur semacam ini sejatinya tak dipelopori Google, melainkan lebih dulu ditemui pada Outlook buatan Microsoft. Penggunaannya pun lebih banyak untuk bisnis yang butuh bertukar informasi via e-mail tapi tak ingin rahasia perusahaannya bocor.

Selain Confidential Mode, ada beberapa fitur Gmail lain yang ramai dibicarakan di jagat maya. Beberapa di antaranya mencakup balasan e-mail cepat (Quick Reply), penundaan e-mail (Snooze), serta sidebar baru yang menunjukkan kalendar beserta agendanya.

Baca juga : Menengok prospek bisnis investasi di tahun politik

Hingga kini Google belum mengiyakan berbagai bocoran tersebut. Kita tunggu saja kepastiannya hingga ajang Google I/O, 9 hingga 11 Mei 2018.