Kontak Perkasa | Sambut Asian Games, Mal di Jakarta Kompak Beri Diskon hingga 70%

Sambut Asian Games, Mal di Jakarta Kompak Beri Diskon hingga 70%

Kontak Perkasa - Festival Jakarta Great Sale (FJGS) menjadi event rutin tahunan di Jakarta. Pada event ini, pusat belanja atau mal akan memberikan diskon besar-besaran.

FJGS tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini, FJG tidak digelar saat ulang tahun Jakarta atau bulan Juni, melainkan pada 12 Agustus hingga 4 September 2018.

Bukan tanpa alasan, pihak penyelenggara acara menyatakan, FJGS ini untuk memeriahkan gelaran Asian Games. Sehingga, para atlet, official, hingga wisatawan tidak hanya menikmati pertadingan olahraga tapi juga berbelanja.

Ada sebanyak 82 mal turut meramaikan pesta diskon ini. Lantas, apa saja yang ditawarkan dalam FJGS? Berikut berita selengkapnya:

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta kembali menggelar Festival Jakarta Great Sale (FJGS). Tahun ini, FJGS digelar dari 12 Agustus hingga 4 September 2018.

Baca juga : 2018, Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka

Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada FJGS pusat-pusat perbelanjaan akan memberikan diskon besar-besaran.

Ketua Pelaksana FJGS 2018 sekaligus Ketua APPBI DPD DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan, diskon yang diberikan dalam FJGS tahun ini mencapai 70%.

"Khusus tahun ini karena DKI Jakarta tuan rumah untuk Asian Games maka tentunya semua pusat belanja, retailer bersama-sama akan memberikan diskon sampai 70% dalam rangka FJGS," kata dia di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2019).

Lebih lanjut, Ellen mengatakan, acara tahunan ini biasanya digelar bertepatan dengan ulang tahun Jakarta atau pada bulan Juni. Kali ini, FJGS digelar pada bulan Agustus.

Dia mengatakan, hal ini untuk memeriahkan acara akbar Asian Games 2018. Dengan demikian, para atlet, official, hingga wisatawan tidak hanya menonton gelaran olahraga namun juga bisa berbelanja.

Ellen mengatakan, sebanyak 82 mal atau pusat belanja turut serta dalam FJGS 2018. Selain mal, delapan hotel juga ikut meramaikan acara ini.

Sejalan dengan itu, pada FJGS tahun ini sebanyak 13 pusat belanja akan menggelar midnight sale secara bergantian.

"Untuk partisipasi dari semua pusat belanja kami memiliki kurang lebih 82 anggota dan umumnya semua berpartisipasi secara penuh," tutupnya.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan, pada FJGS kali ini juga diberikan diskon besar-besaran sampai tengah malam atau biasa disebut midnight sale. Sebanyak 13 mal akan menggelar midnight sale.

Ellen menuturkan, midnight sale biasa digelar dari pukul 20.00 WIB sampai 24.00 WIB. Jika di jam biasa diberikan diskon sampai 70%, maka saat midnight sale diskon ditambah sebesar 10-20%.

"Kami memberikan diskon tambahan, umumnya menjelang jam 8 malam parkir pun gratis. Retailer memberikan diskon tambahan, biasanya diskon 70%, dapat 10% atau ada yang 20%," kata dia di Mal Kota Kasablanka Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018).

Baca juga : Menengok prospek bisnis investasi di tahun politik

Dia mengatakan, FJGS kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang digelar pada bulan Juni atau saat ulang tahun Jakarta. FJGS tahun ini digelar bulan Agustus bertepatan dengan Asian Games 2018.

Ellen berharap, masyarakat tidak hanya menonton pesta akbar olahraga tersebut, tapi juga berbelanja.

"Tidak hanya delegasi Asian Games datang tapi masyarakat luas, yang menonton mungkin dari luar kota," kata dia.

Berikut jadwal midnight sale FJGS 2018:

1. Minggu, 12 Agustus 2018
PIK Avenue

2. Jumat, 17 Agustus 2018
Transmart Cilandak
Baywalk Mal

3. Sabtu, 18 Agustus 2018
Transmart Cilandak

4. Sabtu, 25 Agustus 2018
Lippo Plaza Kramat Jati
AEON Garden City

5. Jumat, 31 Agustus 2018
Grand Indonesia

6. Sabtu, 1 September 2018
Grand Indonesia
Kalibata City
One Belpark Mall
Mal Taman Palem
Mal Artha Gading
Arion Mall
Mall @Basura
Lotte Shopping Avenue.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI Jakarta menargetkan transaksi dalam Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2018 antara Rp 3 triliun hingga Rp 4 triliun. Target ini jauh lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai Rp 16,5 triliun.

Ketua APPBI DPD DKI Jakarta, Ellen Hidayat mengatakan, target ini berbeda jauh dengan tahun sebelumnya karena FJGS digelar selama enam minggu. Tahun ini, FJGS hanya tiga minggu.

FJGS 2018 digelar dari 12 Agustus sampai 4 September 2018. Mal yang terlibat sebanyak 82 mal dengan diskon yang ditawarkan mencapai 70%.

"Sebagaimana diketahui kalau dibanding tahun lalu FJGS itu adalah selama enam minggu," kata dia di Mal Kota Kasablanka Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018).

Kemudian, FJGS kali ini sudah melewati musim Lebaran dan liburan sekolah. Sehingga, transaksi yang terjadi tak sebesar tahun sebelumnya. Secara musiman transaksi di bulan Agustus juga tak sekuat dibanding bulan-bulan sebelumnya.

"Umumnya pengalaman kami sebagai pengelola pusat belanja dan retailer Agustus itu habis lebaran namanya omzet turun," ungkapnya.

Bukan hanya itu, Ellen mengatakan, turunnya target transaksi disebabkan oleh tidak terlibatnya PD Pasar Jaya dalam FJGS. Sebab, PD Pasar Jaya sudah mengambil momentum pada Lebaran kemarin.

"Karena PD Pasar tidak ikut, kenapa Rp 3-4 triliun karena PD pasar dulu angkanya masuk kita, 40 PD Pasar ikut omzetnya masuk. Kenapa nggak ikut, karena sudah operasi pasar saat Lebaran," jelasnya.

Baca juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

Ellen berharap, FJGS yang digelar pada Asian Games mendorong penjualan para pengusaha yang umumnya omzetnya turun di bulan Agustus.

"Ini ada kesempatan yang baik para retailer. FJGS kita angkat lagi Agustus dengan Asian Games," katanya.