Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Kontak Perkasa | JK Suarakan Ekonomi Digital pada KTT G20

JK Suarakan Ekonomi Digital pada KTT G20

Kontak Perkasa - Wakil Presiden Jusuf Kalla menyuarakan pentingnya pengembangan ekonomi digital pada pertemuan kepala negara tingkat internasional, KTT G20 di Argentina. JK menyebut ekonomi digital sebagai model bisnis yang inovatif untuk pemerataan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan perluasan inklusif keuangan.

"Era digital telah mengubah hidup kita, sehingga kita harus memastikan semua manfaat era digital ini dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat," ujar JK dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/12).

Pada KTT G20 kali ini Indonesia banyak mengangkat isu ekonomi digital. Terutama tentang pemanfaatan perkembangan teknologi untuk pertumbuhan inklusif dan pembangunan berkelanjutan.

Tema ekonomi digital juga menjadi salah satu fokus pada pertemuan tahunan Dana Moneter Internasional-Bank Dunia (IMF-WB) yang berlangsung pada Oktober 2018 lalu di Bali. Pada pertemuan IMF-WB 2018 Indonesia mendorong Bali Fintech Agenda untuk menjadikan fintech sebagai salah satu elemen pendorong pertumbuhan dan peningkatan kesejahteraan.

Baca juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

Sementara itu, tema KTT G20 kali ini adalah Building Consensus for Fair and Sustainable Development dengan penekanan pada tiga pilar prioritas utama, yaitu infrastruktur untuk pembangunan (infrastructure for development), peningkatan keterampilan digital untuk masa depan (future of work), dan masa depan pangan yang berkelanjutan (sustainable food future).

"Ketiga pilar prioritas tersebut sejalan dengan kepentingan Indonesia dalam menjadikan pembangunan infrastruktur sebagai motor pertumbuhan ekonomi, meminimalisir dampak negatif dan memanfaatkan perubahan teknologi untuk mendorong pertumbuhan inklusif," ujar Wapres.

Selain itu, KTT G20 juga mengangkat pembahasan isu-isu global antara lain komitmen atas pentingnya kerja sama multilateralisme dan ekonomi global yang kuat, penggunaan kebijakan moneter, fiskal, dan struktural dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang kuat, berkelanjutan, seimbang, dan inklusif. KTT G20 juga membahas komitmen terhadap perdagangan internasional sebagai sumber pertumbuhan dan lapangan kerja.