Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Kontak Perkasa | Jonan Minta Pertamina Jaga Pasokan BBM di Tol Trans Jawa

Jonan Minta Pertamina Jaga Pasokan BBM di Tol Trans Jawa 

Kontak Perkasa - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta PT Pertamina (Persero) untuk memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) di Tol Trans Jawa jelang Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

Jonan mengingatkan arus kendaraan yang melaju sepanjang Tol Trans Jawa menjelang libur Natal dan Tahun Baru akan lebih banyak jika dibandingkan dengan libur Hari Raya Idul Fitri.

"Kalau untuk operasi libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019 ini berbeda, karena semuanya libur, baik yang merayakan Natal maupun tidak. Jadi, potensi bisa dua arah dari waktu-waktu libur 1, 2 atau bahkan sampai 5 Januari 2019 itu bisa dua arah. Dari arah timur ke barat dan dari barat ke timur," ujar Jonan, mengutip keterangan resmi, Kamis (20/12).

Apalagi, karena tol Trans Jawa terbilang baru beroperasi, kemungkinan masyarakat akan banyak yang mencoba melintas. Sehingga, perlu diantisipasi kebutuhan BBM di dua arah. Keberadaan Marketing Operation Region (MOR) IV PT Pertamina menjadi strategis karena berfungsi sebagai penyangga ketersediaan pasokan BBM.

Baca juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

"Saat libur Hari Raya Idul Fitri kemarin beroperasinya mungkin 5/6 ruas, dan libur Natal ini mungkin beroperasi sudah bukan lagi 5/6 ruas, tapi mungkin 7/8 atau hampir penuh. Itu pasti banyak yang ingin coba menggunakan tol. Jadi, saya minta disiapkan pasokan BBM di dua arah tersebut," katanya.

Sementara, Direktur Marketing Retail Pertamina, Mas'ud Khamid menambahkan perusahaan sudah menyiapkan beberapa fasilitas alternatif pengisian BBM bagi masyarakat agar lebih mudah, baik di jalur mudik maupun di jalur wisata.

"Jadi, untuk tambahan SPBU baru atau SPBU satgas itu ada di 33 titik dan kami sudah bekerja sama dengan pengelola tol. Mulai dari Merak sampai dengan Pasuruan-Malang kami siapkan. Untuk Jawa Tengah, ada 18 titik sesuai dengan permintaan Jasa Marga," terang Mas'ud.

Guna menjaga ketersediaan BBM, perusahaan juga sudah menyiapkan 14 ribu kendaraan tangki, 250 kapal tangker dan empat pesawat selama menggelar Satgas BBM hingga 6 Januari 2019.