Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Kontak Perkasa | Masyarakat Lakukan Riset Online Sebelum Beli Barang

Masyarakat Lakukan Riset Online Sebelum Beli Barang

Kontak Perkasa - Pertumbuhan internet yang begitu pesat telah mengubah prilaku konsumen di Indonesia. Sampai-sampai saat ini sebelum beli barang. masyarakat lakukan riset kecil secara online.

Demikian terungkap dari hasil riset terbaru Google yang ditujukan bagi pelaku bisnis digital di Tanah Air.

Dalam hasil risetnya, Google mempredikasi pada 2025 nanti pertumbuhan ekonomi digital Indonesia akan naik 4 kali lipat dan menyentuh nilai USD 100 miliar atau Rp 1.448 triliun.

Tahun ini sendiri ekonomi digital Indonesia mencapai USD 27 miliar. Menjadikannya terbesar dibandingkan negara di kawasan Asia Tenggara lainnya.

Dalam risetnya yang berjudul Google Year in Search Insight for Brands 2018 turut diungkap lima tren penting yang perlu diperhatikan para pelaku bisnis. Salah satunya adalah perilaku penggunaan smartphone di Indonesia.

Raksasa pencarian internet ini mengatakan kini 94% pengguna online mengaksesnya dari perangkat smartphone. Angka ini naik dari sekitar 40% di tahun 2013, harga ponsel yang makin murah menjadi pemicunya.

Baca juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

Smartphone kini menjadi bagian penting dari kehidupan penggunanya. Bahkan turut ambil peran dalam proses melakukan pembelian.

"Adanya akses internet berkembang, orang Indonesia banyak melalukan riset di online sebelum memtuskan untuk membeli langsung ,"ujar Muriel Makarim Marketing Manager Google Indonesia.

Selain itu, Google menjelaskan bahwa kini perilaku pengguna online ingin akses yang cepat dalam mengeksplore situs belanja online. Jika waktu memuatnya lebih dari 6 detik maka situs tersebut akan mereka tinggal dan beralih ke situs lain.

"Sebanyak 53% pengguna akan meninggalkan situs jika halaman web perlu waktu lebih dari 3 detik untuk dimuat. Rata-rata waktu memuat halaman web seler di Indonesia masih 6 detik," ungkap Muriel.