Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Kontak Perkasa | Tangkal Hacker Retas Printer

Tangkal Hacker Retas Printer

Kontak Perkasa - Pernah mengalami tiba-tiba mesin printer mencetak sendiri tanpa perintah? Bila iya, kemungkinan printer tersebut diretas. Lantas bagaimana mengatasinya?

Dewasa ini printer terhubung dengan jaringan internet. Sehingga memudahkan mencetak dari mana saja. Tapi di balik itu ada ancaman yang luput dari perhatian pengguna, yakni peretasan.

Ya perangkat printer bisa dibobol oleh hacker. Pada 2016, printer di sejumlah perguruan tinggi di AS diretas dan mencetak selebaran rasis.

Baca juga : Menengok prospek bisnis investasi di tahun politik

Beberapa hari lalu seorang hacker mengklaim telah meretas 100 ribu printer di sejumlah negara. Akibat ulah hacker tersebut printer mencetak selebaran kertas untuk mengajak dukungan terhadap YouTuber PweDiePie.

Lantas bagaimana mengamankan printer dari kejahilan hacker?

Tim keamanan dari Kaspersky Lab menyarankan bila tidak butuh terhubung dengan internet, baiknya tidak perlu dikoneksikan. Bilapun harus terhubung, berikut tips menghindari peretasn pada printer:

 - Nonaktifkan pengaturan printer apa pun yang    melibatkan pencetakan melalui Internet
 - Ubah nama pengguna dan kata sandi Anda (jika    printer Anda menggunakan kredensial login);    jangan pernah menyimpan nilai default
 - Tutup port router 9100, 515, dan 721-731.    Lihat pengguna router manual Anda untuk       mencari tahu caranya
 - Matikan printer Anda saat tidak digunakan