Kontak Perkasa | Hasil Liga Champions: Permalukan Madrid di Bernabeu, Ajax ke Perempatfinal

Hasil Liga Champions: Permalukan Madrid di Bernabeu, Ajax ke Perempatfinal

Kontak Perkasa - Ajax lolos ke perempatfinal Liga Champions usai mendepak juara bertahan Real Madrid. Ajax lolos usai menang 4-1 di leg II babak 16 besar di Santiago Bernabeu.

Dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Santiago Bernabeu, Rabu (6/3/2019) dini hari WIB, Ajax sudah unggul dua gol pada babak pertama. Gol-gol tim tamu diciptakan oleh Hakim Ziyech dan David Neres.

Di babak kedua, Ajax menambah dua gol lewat aksi Dusan Tadic dan Lasse Schone. Sementara satu gol Madrid diciptakan oleh Marco Asensio.

Dengan kemenangan ini, Ajax lolos ke perempatfinal dengan keunggulan agregat 5-3. Pada leg pertama, Ajax kalah 1-2.

Hasil ini sekaligus menghentikan dominasi Madrid di Liga Champions dalam beberapa musim terakhir. Los Blancos merupakan juara empat kali dalam lima musim terakhir.

Jalannya Pertandingan

Memberikan tekanan di menit-menit awal, Madrid mendapat peluang saat laga baru berjalan empat menit. Lucas Vazquez melepaskan umpan dari sisi kanan yang disambut Raphael Varane dengan sundulan. Sial bagi Madrid, bola sundulan Varane dimentahkan mistar gawang.

Tiga menit berselang, Ajax mengejutkan publik Santiago Bernabeu. Hakim Ziyech membuka keunggulan Ajax.

Dusan Tadic merebut bola dari Toni Kroos dan melakukan penetrasi dari sisi kanan. Setelah melakukan tusukan, Tadic melepaskan umpan yang dituntaskan oleh Ziyech.

Madrid mencoba merespons. Vinicius menusuk dari kiri sebelum melepaskan tembakan dengan kaki kanan. Namun bola tendangan Vinicius masih mengarah tepat ke Andre Onana.

Onana kembali melakukan penyelamatan. Kali ini ia menggagalkan tendangan voli Varane yang meneruskan umpan Vazquez.

Pada menit ke-18, Ajax menggandakan keunggulan. Kali ini giliran David Neres yang mencatatkan namanya di papan skor.

Tadic melewati adangan Casemiro dengan memutar badan sebelum menggiring bola menuju kotak penalti. Tadic kemudian melepaskan umpan terobosan yang dituntaskan oleh Neres.

Ajax nyaris menambah gol empat menit kemudian. Dari serangan balik, Tadic mengirim umpan terobosan kepada Neres. Neres kemudian mengangkat bola melewati Courtois yang meninggalkan posisinya. Namun bola sepakan Neres masih melebar dari gawang.

Onana lagi-lagi menggagalkan peluang Madrid. Kiper 22 tahun asal Kamerun itu menepis tendangan keras Vazquez.

Umpan panjang Ajax kembali menembus pertahanan Madrid. Kali ini bola dari Daley Blind mengarah ke Tadic. Penyerang internasional Serbia itu kemudian melepaskan tembakan dengan kaki kiri dari sudut sempit, tapi bola masih bisa dihalau oleh Courtois dengan kakinya.

Madrid menyerang balik dengan memanfaatkan kecepatan Vinicius. Penyerang asal Brasil itu mengakhiri penetrasinya dengan tembakan ke arah gawang, tapi sepakannya hanya mengenai sisi samping luar gawang.

Ziyech menyambar bola liar di dekat kotak penalti Madrid dengan tendangan keras. Sepakan Ziyech memaksa Courtois melakukan penyelamatan.

Gareth Bale yang baru masuk menggantikan Vazquez hampir membawa Madrid memperkecil ketertinggalan. Menerima umpan terobosan dari Kroos, Bale melepaskan tembakan dari sudut sempit di sisi kiri. Sial bagi Madrid, bola tendangan Bale membentur tiang gawang.

Baca juga: Menengok prospek bisnis investasi di tahun politik

Masuk babak kedua, Madrid mengambil inisiatif menyerang. Peluang didapat tuan rumah lewat Benzema. Striker asal Prancis itu mengontrol bola dari Carvajal dengan dadanya sebelum melepaskan tendangan voli dengan kaki kiri. Sepakan Benzema itu masih melambung di atas mistar gawang.

Tadic benar-benar jadi motor serangan Ajax. Kali ini ia melepaskan operan yang kepada Van de Beek yang diteruskan dengan tendangan kaki kiri. Namun upayanya itu masih bisa digagalkan Courtois.

Benzema nyaris membobol gawang Ajax pada menit ke-59. Dari sisi kiri, Benzema melewati Mazraoui dan melepaskan tembakan melengkung dari sudut sempit ke arah tiang jauh. Sepakan Benzema itu tipis saja melebar dari gawang.

Ajax kemudian mampu menambah gol pada menit ke-62. Kali ini Tadic yang mencatatkan namanya di papan skor. Dapat ruang di kotak penalti, Tadic melepaskan tembakan ke pojok kiri atas gawang Madrid.

Wasit sempat memakai VAR untuk melihat apakah bola sudah lebih dulu meninggalkan lapangan sebelum gol tercipta. Setelah beberapa menit, wasit memutuskan gol tetap sah.

Madrid mencoba merespons. Bale mendapat bola dari Asensio dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Namun Onana masih bisa menghalau bola dengan kakinya.

Madrid memperkecil ketertinggalan pada menit ke-70. Reguilon bergerak di sebelah kiri dan mengoper bola kepada Asensio. Asensio melepaskan tembakan first time yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang Ajax.

Ajax tak butuh waktu lama untuk merespons. Dua menit usai gol Asensio, Ajax kembali memperlebar keunggulan.

Gol ini berawal dari tendangan bebas di sisi kiri setelah Tadic dijatuhkan Casemiro. Lasse Schone yang jadi eksekutor melepaskan tendangan langsung ke arah gawang. Courtois yang sudah telanjur maju pun terkecoh melihat bola melewatinya dan mengarah ke pojok kanan atas gawang.

Madrid masih berupaya mencetak gol. Luka Modric masuk ke kotak penalti Ajax dan melepaskan umpan kepada Bale yang ada di sebelah kiri. Namun tendangan Bale dari jarak dekat diblok Onana.

Ajax melewatkan peluang emas untuk menambah gol pada menit ke-86. Tadic lolos di sisi kiri dan mengirim bola kepada Ziyech yang berdiri bebas di depan gawang. Namun sepakan Ziyech tepat di depan gawang justru melambung tinggi.

Madrid harus menuntaskan pertandingan dengan 10 orang. Nacho diusir wasit di injury time setelah mendapat kartu kuning kedua.

Susunan Pemain


Real Madrid: Courtois, Carvajal, Nacho, Varane, Reguilon, Modric, Casemiro (valverde 87'), Kroos, Vazquez (Bale 29'), Benzema, Vinicius (Asensio 35')

Ajax: Onana, Mazraoui (Veltman 81'), de Ligt, Blind, Tagliafico, Schone (de Wit 73'), van de Beek, de Jong, Ziyech, Tadic, Neres (Dolberg 74')