Kontak Perkasa | Tips Hindari Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran

Tips Hindari Mabuk Perjalanan Saat Mudik Lebaran


Kontak Perkasa - Wah nggak terasa ya, sebentar lagi lebaran. Siapa yang sudah merencanakan mudik dari jauh-jauh hari? Untuk moda transportasi yang dipilih bisa jadi beragam. Ada yang lewat jalur darat, laut, ataupun udara.

Mudik nggak cuman mempersiapkan tiket saja, tetapi juga kondisi tubuh yang fit agar badan tak drop. Nggak mau dong sampai di kampung halaman malah sakit.

Biasanya saat di perjalanan, badan rentan mengalami mabuk. Baik itu ketika bepergian menggunakan jenis kendaraan apapun. Kepala pusing, mual, muntah, berkeringat yang membuat perjalanan mudik jadi tidak menyenangkan.
Biar nggak mabuk saat mudik, berikut tips menghindarinya agar perjalananmu lancar dikutip detikHealth dari berbagai sumber.

1. Pilih-pilih tempat dudukmu

Tempatmu duduk dapat membuat perbedaan yang besar. Coba untuk memilih tempat duduk yang memiliki sedikit gerakan. Kalau naik pesawat, di area sayap adalah yang paling sedikit goncangan.

Kalau bepergian dengan kapal, pilih kabin di tingkat bawah dekat pusat kapal. Jika menggunakan mobil, usahakan untuk duduk di depan.

2. Kunyah jahe

Banyak penelitian yang membuktikan khasiat jahe dalam mencegah mabuk perjalanan. Makan sepotong manisan jahe, mengisap permen rasa jahe, menelan kapsul akar jahe, bisa membantu meredakan mabuk perjalanan. Permen mint juga dapat membantu memadamkan mabuk perjalanan karena memudahkan pencernaan.

3. Hirup udara segar

Mabuk perjalanan dapat membuatmu merasa panas dan berkeringat. Hembusan angin dapat membantumu merasa lebih baik. Untuk mencegah mabuk laut, berdiri di dek kapal dan di udara dingin selama beberapa menit. Jika berada di dalam mobil, buka jendela selama kurang lebih semenit.

4. Mendengarkan musik atau radio

Nyalakan radio atau mulai percakapan untuk menjaga pikiran dari apa yang kamu rasakan. Kamu mungkin bisa mengalihkan perhatian untuk merasa lebih baik. Para peneliti telah menemukan bahwa mendengarkan musik dapat membantu mengatasi mual dan gejala fisiologis lainnya yang berhubungan dengan mabuk perjalanan.

5. Siapkan camilan

Menyediakan kudapan ringan seperti biskuit, wafer, atau makanan asin dapat meredakan mual. Makanan yang berat, berminyak, atau asam mungkin membuat mabuk akan makin buruk karena lambat dicerna. Pilihan camilan enak lainnya termasuk sereal, roti, biji-bijian lain, apel, dan pisang.