Prabowo Calon Kuat Menhan, Ini Rincian Anggaran Kemenhan Rp 127 T

Kontak Perkasa | Jakmania Harap Tak Ada Tragedi Haringga di Persija vs Persib

Jakmania Harap Tak Ada Tragedi Haringga di Persija vs Persib 

Kontak Perkasa - Sekretaris Umum Jakmania Diky Soemarno memperingatkan pihak kepolisian untuk tidak lalai mengawasi pergerakan suporter dalam laga Persija Jakarta lawan Persib Bandung.

Persija akan melawan Persib dalam pekan kedelapan Liga 1 2019 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Rabu (10/7). Dalam rapat koordinasi di Gedung Promoter Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya, Diky mengingatkan agar pihak kepolisian dapat mengantisipasi terjadinya korban jiwa dalam pertandingan tersebut.

Ia tidak ingin peristiwa suporter tewas terulang kembali di pertemuan kedua kesebelasan tersebut.

"Persija vs Persib yang lalu, Haringga [Sirla] meninggal di Stadion GBLA [Gelora Bandung Lautan Api]. Kami komitmen tidak terjadi lagi seperti itu. Di Parkir timur SUGBK, fX Sudirman, harus banyak keamanan di situ," kata Diky.

"Jumlah kami [Jakmania] terbatas. Korwil [koordinator wilayah] ada 75 orang, korlap [koordinator lapangan] ada 65 orang. Mohon bantuan untuk bantu kami ketika ada keributan, karena dulu di GBLA ada 'pembiaran' selama 20 menit," katanya menambahkan.

Haringga adalah suporter Persija yang berangkat ke Stadion Gelora Bandung Lautan Api untuk melihat pertandingan Ismed Sofyan dan kawan-kawan melawan Persib. Identitas Haringga sebagai suporter Persija diketahui dan kemudian dikeroyok beberapa orang. Haringga yang sempat dibawake RS Sartika Asih kemudian meninggal dunia dengan luka di kepala dan dada.

Lebih lanjut, Diky menghimbau agar para pendukung Persib Bandung menyaksikan laga pertandingan pekan ke-8 Liga 1 lawan Persija Jakarta lewat layar kaca.

Baca Juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

"Memang sudah jadi kesepekatan juga dengan kepolisian bahwa Bobotoh tidak diperkenankan untuk hadir. Bukan berarti kami tidak bisa menerima [kedatangan suporter Persib], tapi mungkin perjalanan ini masih panjang dan masih ada proses yang perlu kami lalui," ucap dia.

"Jadi, disarankan teman-teman PT Liga [Indonesia Baru] dan kepolisian agar suporter Bandung tidak ke Jakarta. Nonton di TV saja lah begitu," ucapnya melanjutkan.

Tanpa kehadiran Bobotoh, Diky menjelaskan tribun utara dan selatan bakal penuh dengan Jakmania.

"77.500 itu adalah jumlah dari kapasitas GBK. Tapi tiket itu [Persija vs Persib] kalau tidak salah berjumlah 69 ribu, karena memang harus ada area kosong untuk evakuasi dan lain-lain. Distribusi tiket itu ke pengurus pusat, dari pengurus pusat ke korwil [koordinator wilayah Jakmania," ujar Diky.