Prabowo Calon Kuat Menhan, Ini Rincian Anggaran Kemenhan Rp 127 T

Kontak Perkasa | Mercy & BMW Calon Mobil RI-1, Esemka Diundang Pak Jokowi?

Mercy & BMW Calon Mobil RI-1, Esemka Diundang Pak Jokowi? 

Kontak Perkasa - Pihak Sekretariat Negara (Setneg) mengakui pabrikan mobil asal Eropa, yaitu Mercedes-Benz dan BMW sudah menawarkan proposal pengadaan mobil kepresidenan terbaru. Pengajuan proposal ini biasanya berdasarkan penawaran lebih dahulu dari pihak Istana kepada para produsen mobil.

Pada April 2019 lalu misalnya, BMW mengaku siap melakukan penawaran untuk mobil kepresidenan. "Kita selalu ikut pasti (pitching mobil presiden), setiap ada kesempatan BMW pasti ditawarkan, tahun ini pasti ditawarkan lagi," ungkap Vice President of Corporate Communication, BMW Group Indonesia, Jodie O'tania pada April lalu.

Di Indonesia nama besar mobil premium memang masih terbatas. Selain mobil Eropa macam Mercy, BMW, Audi dan sebagainya, mobil Jepang juga memang punya macam Lexus, sebagai brand adiluhung dari Toyota.

Bagaimana dengan nama lokal yang selama ini jadi buah bibir, macam mobil Esemka?

Pertanyaan di atas masih cukup relevan, bila seandainya pihak Istana juga mencoba memberikan tawaran kepada produsen Esemka. Ini karena diam-diam Esemka punya kendaraan yang spesifikasinya disiapkan untuk kendaraan presiden.

Dalam laporan CNN Indonesia (1/4/2019), Pindad, BUMN strategis pembuat senjata dan kendaraan tempur, mengonfirmasi pernah diajak bekerja sama dengan Esemka untuk menggarap mobil dinas Jokowi. Spesifikasi mobil itu berteknologi listrik murni.

Baca Juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

Saat itu, Direktur Utama Pindad Abraham Mose mengungkap sudah ada pembicaraan terkait mobil dinas Jokowi dengan Esemka. Desain mobil yang kemungkinan akan dipakai Jokowi sehari-hari itu disebut sudah dibuat.

Abraham menjelaskan desain belum sampai ke tahap prototipe, tapi proyek sempat tertunda.

"Akhirnya kan, karena sudah sempat ramai dan kita belum lanjut lagi. Pihak Esemka juga belum bicara lagi dengan kita untuk kelanjutan produksi untuk mobil pak presiden itu," kata Abraham.

Akhir tahun lalu, prototipe mobil dinas berbasis SUV Esemka Garuda 1 kabarnya telah selesai dikerjakan.

Namun, bila benar, tentu jadi kesempatan bagi pihak Istana memberi ruang bagi Esemka bisa terangkat, persis yang pernah dilakukan Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo 2010 lalu, yang memakai Esemka sebagai mobil dinas.

Namun, kenyataannya kiprah Esemka kini meredup? Jadi diundang tidak ya Esemka?