Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

5 Aktivis Greenpeace Pemasang Spanduk di Patung Pancoran Dipulangkan

5 Aktivis Greenpeace Pemasang Spanduk di Patung Pancoran Dipulangkan

PT Kontak Perkasa - Lima aktivis Greenpeace yang diamankan petugas kepolisian saat memanjat dan membentangkan spanduk di Patung Pancoran, Jakarta Selatan sudah dipulangkan.

"Kelimanya sudah dipulangkan," kata Juru Kampanye Hutan Greenpeace Arie Rompas, seperti dikutip Antara, Kamis (24/10/2019).

Arie menyebutkan lima aktivis tersebut dipulangkan pada Rabu (23/10) sekitar pukul 15.00 WIB. Mereka diamankan di hari yang sama sekitar pukul 09.00 WIB.

Sementara itu, lima aktivis lainnya yang diamankan di Patung Selamat Datang Bundaran Hotel Indonesia (HI) diproses lebih lama. Arie mengatakan mereka selesai dimintai keterangan sekitar pukul 21.00 WIB.

Berbeda dengan lima relawan lainnya yang diamankan di Patung Selamat Datang Bundaran HI yang harus diproses lebih lama dan dipulangkan sekitar pukul 21.00 WIB.

Ia mengatakan, lima relawan pemanjat dan pembentang spanduk di Tugu Pancoran hanya diamankan di Polsek Menteng, Jakarta Selatan dan diprosea oleh Satpol PP setempat.

Baca Juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

Sedangkan lima relawan yang diamankan di Bundaran HI diproses di Polres Metro Jakarta Pusat.

"Jadi yang di Pancoran hanya diproses di polsek, yang di Bundaran HI diproses di Polres Jakarta Pusat," kata Arie.

Menurut Arie, para relawan baik yang di Pancoran dan Bundaran HI sama-sama dipulangkan tanpa diproses hukum. Sebab, perbuatan mereka tidak terbukti melakukan perbuatan pidana.

"Jadi diperiksa saja dan tidak ditemukan bukti melakukan tindak pidana, karena mereka profesional tidak merusak apa pun dan tidak mengganggu fasilitas umum, mereka tidak mengganggu karena semua alat-alat dibersihkan tidak ada yang ditinggalkan, kemudian mereka juga tidak merusak apa pun sesungguhnya tidak ada yang mengganggu kepentingan umum, cuma memasang spanduk aja," ujarnya.

Diberitakan, pada Rabu (23/10) polisi bersama petugas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) DKI Jakarta mengevakuasi dan mengamankan 5 aktivis Greenpeace Indonesia yang memasang spanduk di Patung Pancoran, Jakarta Selatan. Spanduk bertuliskan 'Lawan Perusak Hutan' juga dicopot.

Baca Juga : Ini Investasi yang menarik di Tahun Politik

Aksi ini dilakukan relawan Greenpeace merupakan yang pertama di dua tugu ikonik yang ada di Jakarta, tujuannya untuk mengingatkan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dan para menteri yang baru dilantik untuk memprioritaskan isu terkait lingkungan di Indonesia.

Arie mengatakan pemasangan spanduk berwarna kuning berisi dua pesan. Pesan itu adalah agar pemerintah mendatang memprioritaskan dua sektor, yakni sektor energi dan sektor kehutanan.