Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Tanda-tanda Mobil 'Lelah' Diajak Mudik

Tanda-tanda Mobil 'Lelah' Diajak Mudik 

PT KP Press - Pengendara yang menempuh perjalanan jauh harus paham mobil juga bisa mengalami kelelahan. Ada beberapa penyebab mobil merasa lelah saat diajak menempuh perjalanan jarak jauh.

Head Dealer Technical Support Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan tanda-tanda mobil mendadak lelah dalam perjalanan adalah hilangnya tenaga, meski tidak ada perubahan bobot yang diangkut.

"Gejala mobil letih di antaranya tarikan berat atau tidak responsif dibandingkan sebelumnya dengan beban yang sama," kata Didi saat dihubungi, Senin (23/12).

Baca Juga : Ini Investasi yang menarik di Tahun Politik
Menurut Didi, banyak faktor yang membuat mobil tidak segagah saat awal mulai perjalanan, salah satunya pemilik lupa servis berkala mulai dari penggantian pelumas, pengecekan filter bensin, filter udara, hingga busi.

Gejala lain saat mobil letih diajak dalam perjalanan jauh pada sektor kaki-kaki. Menurut Didi bakal ada bunyi-bunyi yang keluar dari komponen-komponen di bawah mobil saat melalui jalan tak rata, kemudian kestabilan mobil menjadi terasa berkurang atau terasa limbung saat dikendarai.

Sementara itu mengutip situs resmi RotaryBintaro, tenaga mesin berkurang biasanya karena ada kerusakan pada komponen di dalamnya, mungkin ada kerusakan pada timing belt, filter bahan bakar yang tidak berfungsi, hingga kerusakan pada regulator tekanan bahan bakar.

Hal yang harus disadari pengemudi ketika mendapati mesin suara berisik atau kasar biasanya disebabkan karena kondisi oli. Selain itu suara berisik juga bisa disebabkan karena mesin terlalu panas atau overheat.

Karena itu, Didi menyarankan bagi setiap pengendara yang hendak menempuh perjalanan jauh menyambut Natal dan Tahun Baru 2020, lebih baik membawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan servis.

Setelah kembali ke rumah setelah menempuh perjalanan jauh menikmati liburan akhir tahun sebaiknya mobil kembali dibawa ke bengkel untuk mendapatkan perawatan normal untuk menjaga mobil tetap tampil prima.