Hore! WhatsApp Batal Disusupi Iklan

Banjir Mulai Surut, Menkes Terawan Fokus Antisipasi Penyakit Kencing Tikus

Banjir Mulai Surut, Menkes Terawan Fokus Antisipasi Penyakit Kencing Tikus

PT KP Press - Pasca banjir terjadi, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto mengatakan akan lebih fokus dalam menangani penyakit leptospirosis atau kencing tikus. Hal itu sempat disinggung sebelumnya saat kunjungannya ke salah satu lokasi banjir, yang terdapat banyak tikus mati maupun yang masih berkeliaran.

"Kalau sebelum banjir kita concern ke hipotermia. Karena sekarang banjir sudah lewat, kita ke ancaman selanjutnya soal diare dan leptospirosis yang terus kita gaungkan agar semuanya terhindar. Jangan sampai jatuh korban," katanya saat ditemui di gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Jumat (3/1/2020).

Leptospirosis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri leptospira. Bakteri ini ditemukan pada kencing tikus dan menyebar lewat air kotor yang terkontaminasi.

Baca Juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

Menkes mengatakan, akan terus menggaungkan cara-cara untuk mencegah bahkan mengatasi penyakit ini, baik secara preventif atau promotif. Ia berharap jangan sampai ada korban lagi yang berjatuhan karena leptospirosis ini.

Selain itu, Menkes juga menghimbau beberapa hal yang penting untuk diketahui untuk mencegah terjangkit penyakit kencing tikus ini. Ini terus digaungkan ke berbagai kalangan untuk sama-sama menjaga kesehatan ditengah musibah ini.

"Untuk sementara yang paling penting adalah hidup bersih. Mulai dari cuci tangan seperti yang kemarin sudah diajarkan. Lalu pakai alas kaki, supaya kalau ada yang lecet (luka) penyakit itu tidak masuk lewat situ," jelas Menkes.

"Selain lewat luka terbuka, penyakit ini juga bisa masuk dari berbagai jalan lain seperti pori-pori, mata, konjungtiva, dan lain sebagainya," lanjutnya.