Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Virus Corona Mewabah! Ini 5 Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Virus Corona Mewabah! Ini 5 Makanan untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

 

PT Kontak Perkasa Futures - Virus corona dari China tengah mewabah hingga memakan banyak korban. Oleh karena itu seringlah konsumsi makanan penambah daya tahan tubuh.

Virus Corona merupakan virus yang biasanya menginfeksi hewan. Namun, virus corona juga bisa berevolusi dan menyebar ke manusia. Hingga hari ini 25 orang dilaporkan tewas akibat terserang virus corona.

Baca Juga : Menengok prospek bisnis investasi di tahun politik

Virus yang berasal dari pasar ikan di China tersebut dapat menyebabkan saluran pernapasan pada manusia terganggu. Gejalanya dapat dirasakan seperti flu, pilek, batuk hingga sakit tenggorokan. Jika tidak ditangani segera, orang bisa kehilangan nyawanya.

Di tengah mewabahnya virus corona, kamu bisa melindungi tubuh dengan cara mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dilansir dari Today, berikut 5 makanan tersebut.

1. Tomat

Tomat merupakan sayuran yang segar asam dan banyak mengandung air. Di dalam tomat terdapat kandungan berupa vitamin C dalam jumlah yang tinggi. Tomat berukuran kecil saja, memiliki kandungan vitamin C sebanyak 16 miligram.

Jumlah tersebut merupakan takaran yang pas untuk meningkatkan daya tahan tubuh seseorang, sehingga kamu terhindari dari virus. Manfaat buah tomat ini juga sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian.

Dalam sebuah penelitian di Jerman yang diterbitkan oleh Medizinische Monatsschruft fur Pharmazeuten disebutkan bahwa vitamin C terbukti menjadi bagian penting dari kekuatan fagosit dan sel-sel tubuh. Dua komponen tersebut merupakan komponen utama dalam sistem kekebalan tubuh.

2. Cokelat hitam

Flu merupakan salah satu gejala yang disebabkan oleh virus corona. Dengan mengonsumsi cokelat hitam dipercaya mampu meningkatkan data tahan tubuh, sehingga tubuh terlindungi dari virus. Makanan peningkat daya tahan tubuh ini mengandung konsentresi therobromine.

Kandungan tersebut adalah sejenis antioksidan yang telah terbukti dapat meredakan batuk. Sebuah studi yang terbitkan dalam Frontiers in Pharmacology juga menyebutkan hal yang sama. Para peneliti menemukan bahwa antioksidan therobromine sangat membantu menekan gejala flu dan batuk karena virus.

Untuk itu para peneliti juga menganjurkan untuk mengonsumsi cokelat hitam agar tubuh tidak mudah terserang virus berbahaya tersebut. Selain itu cokelat hitam juga banyak mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh lainnya.

3. Brokoli

Brokoli adalah makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang telah disarankan oleh sebuah penelitian untuk dikonsumsi rutin. Penelitian yang dilakukan di University of California mengatakan bahwa brokoli bisa menjadi tambahan yang barus untuk mencegah gejala yang disebabkan virus.

Para peneliti tersebut juga mengklaim bahwa di dalam brokoli terdapat kandungan yang dikenal dengan nama sulforaphane. Selain pada brokoli, kandungan tersebut juga banyak terdapat pada sayuran hijau lainnya.

Kandungan tersebut dapat mengaktifkan gen antioksidan dan enzim untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam proses itu dapat memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu juga dapat mencegah kamu penyakit mematikan yang disebabkan karena virus.

4. Bawang Putih

Bumbu dapur ini juga dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh untuk melindungi dari serangan virus yang berbahaya. Bawang putih telah membangun reputasi sebagai salah satu makanan yang dapat melawan virus. Manfaat tersebut juga dibenarkan oleh sebuah penelitian.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Cochrane Database of Systematic Review menunjukkan bahwa sekelompok peserta dalam penelitian yang memakan bawang putih selama periode tiga bulan terhindari dari penyakit buruk akibat virus.

Itu karena di dalam bawang putih terdapat kandungan yang disebutallicin yang memiliki sifat yang meningkatkan jumlah sel darah putih. Selain itu, allicin juga penting untuk memerangi patogen. Mengonsumsi bawang putih bisa dengan mencampurkan ke dalam masakan, atau memakannya mentah-mentah.

5. Yogurt

Manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh bukan sebuah rahasia lagi. Ada sederet manfaat untuk kesehatan tubuh yang diberikan dari mengonsumsi yogurt. Salah satu manfaatnya yaitu melindungi tubuh dari serangan virus yang mewabah.

Yogurt dipenuhi dengan probiotik yang berperan sebagai penangkal penyakit. Hal tersebut juga sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Korean Journal of Family Medicine. Para peneliti di sana menemukan bahwa kandungan probiotik di dalamnya dapat membantu untuk mencegah dan mengobati flu akibat virus.

Selain itu para peneliti menemukan bahwa orang yang konsumsi probiotik setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena flu yang disebabkan oleh virus berbahaya. Sebaliknya, orang yang jarang mengonsumsi yogurt akan mudah terjangkit virus.