Indeks Saham Tokyo Dibuka Lebih Rendah

Satu Per Satu WNI Pasien Corona di Luar Negeri Pulih

Satu Per Satu WNI Pasien Corona di Luar Negeri Pulih 

 Kontak Perkasa Futures - Warga Negara Indonesia yang sembuh dari virus Corona bertambah. Hingga kini, total ada 5 orang WNI di luar Indonesia yang sembuh dari virus ini.

WNI yang pertama kali sembuh dari virus Corona adalah seorang asisten rumah tangga (ART) di Singapura. Wanita berumur 44 tahun itu juga yang menjadi WNI pertama yang terkena virus asal Wuhan itu.

ART itu tertular Corona dari majikannya yang bekerja di sebuah toko obat di Singapura. Nah, toko obat tersebut sempat dikunjungi oleh rombongan turis asal China. Kuat dugaan, di situ penularan pertama terjadi.

Sang majikan kemudian pulang ke rumah dan di diduga kemudian menularkan ke si ART tersebut.

ART tersebut kemudian dirawat selama 2 pekan di rumah sakit di Singapura. Identitasnya dirahasiakan. Setelah dirawat, otoritas Singapura kemudian merilis pasien-pasien yang sembuh yang awalnya berstatus positif. Termasuk ART tersebut.

Seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (19/2/2020), Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) dalam pernyataan terbaru mengumumkan lima pasien virus corona atau Covid-19 telah dipulangkan dari rumah sakit, pada Selasa (18/2) waktu setempat, usai mengalami kesembuhan total.

Baca Juga : Bitcoin 'Bikin Sakit', Lebih Baik Pilih Emas

"Lima kasus lainnya untuk infeksi Covid-19 telah dipulangkan dari rumah sakit pada 18 Februari (kasus 5, 8, 21, 38 dan 76)," demikian pernyataan otoritas Singapura melalui situs resminya yang diakses pada Rabu (19/2) waktu setempat.

Kasus 21 merujuk pada kasus ART itu. ART tersebut dinyatakan sebagai orang ke-21 yang positif virus corona di wilayah Singapura, oleh karena itu kasusnya diberi nama 'kasus 21'.

Terbaru, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, sebanyak 4 orang WNI anakk buah kapal (ABK) Diamond Princess yang awalnya positif dinyatakan negatif.

Retno Marsudi mengatakan, sebelumnya, ada 9 WNI ABK Kapal Pesiar Diamond Princess positif Corona. Kini tinggal 5 orang yang positif dan dalam keadaan stabil.

"Masih ada 5 WNI yang berstatus positif. Dulu kan ada 9, 4 sudah dinyatakan negatif, 5 masih ada di dalam rumah sakit dengan kondisi stabil," ujar Retno di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa malam (3/3/2020).

Retno mengatakan pemerintah terus melakukan komunikasi intensif dengan para WNI di beberapa negara yang mengalami perkembangan kasus Corona yang dinilai signifikan, seperti Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Italia.

"Kita melakukan komunikasi yang intensif melalui perwakilan kita kepada WNI kita. Kali ini fokus kita di 4 negara tersebut. Sejauh ini kondisi WNI kita di 4 negara tersebut dalam kondisi baik," ujarnya.

"Sementara yang dari Korea Selatan, Italia, dan Iran, kondisi WNI kita dalam kondisi baik dan komunikasi intensif terus dilakukan dengan KBRI kita," imbuhnya.

Dengan begitu, hingga kini ada 5 orang WNI yang sembuh dari virus ini.